- just are enough just be you are -

Minggu, 10 November 2019

Potensi Pemanfaatan Steroid untuk Makhluk Hidup


Sebelumnya kita telah memabahas menganai keragaman dan keunikan struktur steroid. Steroid merupakan senyawa kimia yang tersebar luas di tantra berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Senyawa bahan alam ini memiliki struktur kimia yang terdiri atas cincin atau lingkar siklopentanoperhidrofenantrena yang terdiri atas 17 atom karbon. Ada banyak jenis dari steroid seperti sterol (sterol nabati, sterol hewani), hormon seks (tertosteron, progesterone, estrogen), hormone adrenokortikoid, asam empedu (asam kolat, asam litokolat, asam deoksikolat). Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara lebih spesifik mengenai  pemanfaatan steroid untuk makhluk hidup.

1.      Sterol


Sterol banyak memiliki manfaat dalam tubuh. Sterol bisa ditemukan dari hewan maupun tumbuhan. Misalnya fitosterol yang ditemukan pada kacang tanah, alpukad, dan santan. Fitosterol juga ditemukan pada hewan yaitu kepiting dan udang. Fitosterol ini bermanfaat untuk membasmi kolesterol jahat dalam tubuh. oleh karena nya fitosterol juga dikenal dengan sebutan kolesterol baik. Kegunaan lain dari fitosterol ialah  untuk mengurangi risiko penyakit jantung.  Fitosterol juga bisa diolah menjadi suplemen dan jamu yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kolestrol juga dibutuhkan oleh tubuh, namun jika terlalu banyak di konsumsi ia kan menumpuk dan menggangu peredaran darah. Kolesterol berperan dalam produksi hormone seks pada pria dan wanita, sebagai pelindung jaringan tubuh dari gangguan luar.

2.      Hormon Seks


Hormone seks juga dikenal sebagi steroid seks berperan dalam perkembangan sistem reproduksi pria dan wanita. Hormone seks pada wanita ialah hormone progesteron dan hormone estrogen. Hormone estrogen berperan dalam mengatur pematangan sel-sel kelamin seperti memperlebar pinggul, memperbesar payudara. Hormone progesterone dihasilkan oleh ovarium yang berfungsi untuk mempersiapkan terjadinya kehamilan.

Hormone seks pada laki-laki adalah hormon testosteron yang dihasilkan oleh testis. Hormone ini berfungsi sama dengan hormone estrogen pada wanita yaitu untuk mengatur tanda-tanda kelamin sekunder pada pria seperti suara membesar , dada membidang dan lain-lain.

3.      Asam Empedu

Asam empedu atau asam steoid merupakan senyawa yang berfungsi dalam membantu kerja enzim pencernaan. Senyawa ini diproduksi didalam hati kemudian di simpan di kantong empedu. Dalam proses pencernaaan asam empedu akan mengemulsi vitamin yang larut dalam lemak sehingga memungkinkan terjadinya penyerapan. Asam empedu kuga berperan dalam mengurangi bakteri-bakteri merugikan di usus, sehingga tubuh lah yang menyerap zat-zat gizi dari makanan yang kita makan.

Permasalahan :
1.    Testosteron merupakan salah satu contoh dari hormon anabolik, yang dapat merangsang pembesaran otot. hormon ini dapat terbentuk secara alami didalam tubuh. tetapi  masih ada yang menggunakan hormon anabolik  yang dibuat secara sintetik untuk memperbesar otot padahal ia tau akan memberikan dapak yang merugikan. jika kita lihat dari srukturnya, apa yang membedakan hormon anabolik sintesik dengan yang alami sehingga dapat menyebabkan dampak yang merugikan bagi tubuh?
2.  Kacang tanah memiliki kandungan sterol yaitu fitosterol yang berfungsi sebagai kolesterol baik. Keistimewaan apa yang dimiliki oleh fitosteroL sehingga ia mampu untuk membasmi kolesterol jahat?
3.  Hormone seks pada wanita adalah progesterone dan estrogen, yang keduanya berperan dalam menentukan siklus mentruasi. Siklus mentruasi pada wanita itu berbeda-beda, Dari kedua hormone tersebut manakah hormone yang lebih dominan berperan dalam menetukan siklus mentruasi? Dan apa penyebab terjadinya perbedaan lama silkus menstruasi pada wanita?
Share:

3 komentar:

  1. 3. Sepengetahuan saya yang lebih berperan itu adalah estrogren tapi ingat sebenarnya Fungsi hormon estrogen dan progesteron sebenarnya saling berkaitan untuk mengatur siklus menstruasi. Namun, tugas utama dari hormon progesteron pada wanita adalah mempersiapkan tubuh untuk hamil sedangkan Peran hormon estrogen yang sangat besar dalam fungsi reproduksi wanita. Pada saat wanita memasuki masa pubertas misalnya, hormon estrogen berperan terhadap perubahan fisik seperti tumbuhnya payudara, rambut kemaluan dan bulu ketiak, serta menyebabkan terjadinya menstruasi pertama, yang juga kemudian mengatur siklus-siklus menstruasi selanjutnya.
    Klo untuk masalah perbedaan lama siklus menstruasi pada wanita biasanya banyak faktor seperti hormon estrogen atau progesterolnya terlalu sedikit bahkn ada juga karna masalah kesehatan dan masih bnyak lagi.
    Semoga membantu:)

    BalasHapus
  2. 2. Keistimewaan dari fitosterol, sehingga ia dapat membasmi kolesterol jahat yaitu pada fitosterol memiliki kemampuan untuk bersaing dengan kolesterol dalam penyerapan didalam usus. Hal inilah yang mengakibatkan berkurangnya penyerapan kolesterol didalam tubuh, sehingga tidak terjadi kolesterol jahat.

    BalasHapus
  3. Hallo Melisa
    Saya Akan mencoba menjawab permasalahan yang nomor 1. Menurut Saya perbedaannya jelas berbeda antara hormon anabolik alami Dan sintesis,hormon anabolik sintesis ini yaitu suatu obat yang dibuat manusia untu pembesaran otot, hormon anabolik sintesis ini sangat berbahaya sekali untuk tubuh karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon sehingga kesehatan tubuh terganggu,hormon anabolik alami ini merupakan hormon yang berasal dari testosteron yang mengatur pembesaran otot.
    Semoga membantu 🙏

    BalasHapus

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Visitors

Cari Blog Ini

Translate

Pengikut